26 Jun 2010

Warna Special di Packaging

Penentuan Warna agar lebih menarik pada Packaging

1. masalah brand

cetakan packaging adalah cetakan yang digunakan untuk waktu yang lama...berbeda dengan cetakan koran atau majalah yang expirednya relatif cepat setelah digantikan edisi berikutnya...so warna pada packaging harus konsisten...tujuan supaya customernya aware dengan produk tersebut...penggunaan warna spesial sangat mendukung tujuan ini karena memudahkan percetakan untuk mengontrol warna...bisa dibayangkan kan kalau merah coca cola diganti warna proses...pasti merepotkan percetakan...belum lagi masalah tarik-tarikan dengan warna objek lain

2. gamut

cakupan warna yang bisa dicapai cmyk sangat terbatas...untuk mecapai warna yang ada di wilayah RGB dan Lab hanya ada satu cara : warna spesial !!
karena warna spesial itu jumlah banyak sekali digunakan standar penamaan warna..salah satu standar yang dipakai adalah Pantone...ini untuk memudahkan komunikasi desainer-prepress-printing...bisa dibayangkan repotnya kalau kita cuma bicara warna merah tua...seberapa merah? seberapa tua? tuanya ke arah mana??

3. isu misregister
packaging umumnya dicetak oleh printing gravure...mengatur register di metode cetak ini susah sekali karena bahan plastik yang relatif fleksible (memuai lalu menyusut) dan bentuknya yang berupa roll...untuk mengatasi objek2 yang berpotensi misregister terutama objek dan teks kecil dipakailah satu warna : warna spesial

btw warna spesial juga dikenal dengan istilah spot color

info : www.duniagrafika.com/forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar